Penyebab dan Cara Mengatasi Ruam Popok Bayi

Ruam popok adalah masalah yang sering dialami oleh bayi. Sebenarnya penyebab dari masalah ini tidak jauh dari kebersihan dan kesehatan kulit bayi.

Ruam popok terjadi pada daerah bokong bayi, ini dikarenakan pantat bayi lebih sering tertutup popok dan membuat kulit menjadi lembab. Karena sering terjadi gesekan antara kulit dengan popok, makan akan timbul ruam atau bintik-bintik merah kecil pada kulit.

Ini bisa jadi salah satu penyebab bayi sering menangis, jika tidak diatasi dengan benar ruam popok bisa menyebar ke lipatan paha, perut dan kemaluan bayi.

Beberapa Penyebab Ruam Popok Bayi:

Kulit bayi yang terlalu lama dibiarkan terkena air kencing atau poop yang tidak langsung dibersihkan. Kotoran yang menempel terlalu lama membuat keasaman kulit meningkat akibatnya terjadi iritasi pada kulit pun muncul dan tambah parah jika tumbuh jamur dan bakteri di tempat itu.

Kulit bayi yang tidak cocok dengan bahan popok atau diapers. Terknena iritasi karena deterjen baju yang tidak dibilas dengan bersih.

Cara Mengatasi Ruam Popok

Bersihkan kulit bokong bayi sampai bersih dengan mengalirkan air, namun hati-hati terhadap kulit yang memerah jangan digosok.

Saat dikeringkan, tepuk perlahan permukaan kulit dengan kain kering yang lembut tunggu sebentar hingga kering.

Oleskan krim atau salep khusus yang mengandung bahan zinc untuk melindungi kulit bayi yang terserang ruam.

Jika ruam popok tidak hilang selama 3 hari segera konsultasikan ke dokter, apalagi jika kondis kulit semakin parah seperti terlihat melepuh,



0 comments:

Posting Komentar