Anak Takut Disuntik? Begini Cara Mengatasinya

suntik Sebagai orang tua, pasti tidak tega melihat anak menangis karena takut disuntik. Di awal-awal anak akan sering mendapatkan vaksinasi yang sangat penting untuk sang bayi, dan salah satu caranya adalah lewat jarum suntik.

Ada banyak trik yang dilakukan orang tua untuk mengatasi anak yang takut disuntik. Salah satunya dengan memberikan obat anti nyeri seperti acetaminophen, paracetamol atau ibuprofen. Mungkin mereka memberikan obat tersebut karena tidak tega melihat anak menangis kesakitan saat disuntik.

Namun pemberian obat pereda sakit sebelum disuntik belum tentu menjadi kunci mengatasi masalah ini. Seorang dokter spesialis anak , Christine Chambers yang praktek di Centre for Pediatric Pain Reseach di Halifax, Canada, menyebutkan pemberian obat acetaminophen dan obat lain yang sejenis pada anak dapat mengurangi efektivitas dari vaksin yang diberikan.

Terus bagaimana cara mengatasi anak yang takut disuntik saat imunisasi? Berikut beberapa tips yang bisa orang tua ikuti:

  1. Sebelum disuntik, oleskan obat anti anastetik topical seperti EMLA cream setengah jam sebeleum jadwal suntik. Obat oleh ini akan memerikan efek kebas di bagian yang diolesi saja.
  2. Merayu si kecil dengan kata-kata yang menenangkan seperti "Jarumnya kecil, kok!" atau "Kayak digigit semut saja!" kadang membuat mereka tambah cemas. Lebih baik mengalhkan perhatian mereka ke arah yang tidak berhubungan seperti mengajak mereka ke tempat bermain selesai dari doketer atau lainnya akan membuat anak lebih relaks.
  3. Dari sebuah riset menyebutkan dengan memberi susu atau air gula dapat mengurangi rasa sakit anak saat disuntik.
  4. Saat di dokter berikan waktu untuk anak bermain lebih dulu, atau ajak mereka bercanda agar lebih rileks.


0 comments:

Posting Komentar