Anak Kena Demam, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bayi Demam Kebanyakan orangtua sering kerepotan dan merasa cemas ketika si kecil suhu tubuhnya naik secara tiba-tiba. Kami memiliki beberapa fakta yang mungkin bisa membuat bunda sedikit merasa tenang saat si kecil mengalami demam.

Sebenarnya demam pada anak bukanlah suatu penyakit. Demam bisa dikatakan sebagai pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh si kecil sedang berperang melawan bibit penyakit.

Ketika ada bibit-bibit penyakit yang masuk kedalam tubuh mengeluarkan substansi yang biasa disebut sebagai Pyrogene di dalam darah yang kemudian memberikan sinyal kepada pengatur suhu yang terdapat di dalam otak untuk meningkatkan suhu dalam tubuh.

Suhu yang lebih tinggi diperlukan agar sistem pertahanan pada tubuh dapat bekerja lebih efektif , sehingga bibit-bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat berkembang lebih banyak lagi. Maka, dalam hal ini demam bisa dikatakan sebagai kawan daripada lawan.

Demam dimulai saat tubuh mencapai 38º Celcius. Suhu tubuh pada anak dapat meningkat antara 36,5º C sampai 37,5º Celcius. Pada kisaran suhu ini, dokter anak biasanya belum menyebut kondisi seperti ini sebagai demam.

Dengan kata lain, jika anak atau bayi suhu tubuhnya mencapai 38º Celsius atau bahkan lebih, baru bisa dikatakan bahwa anak atau bayi terserang demam.

Anak yang terserang demam cenderung rewel dan menjadi gelisah. Jika tubuhnya sudah mengeluarkan keringat dan disertai dengan penurunan pada suhu tubuhnya biasanya dia akan dapat tidur dengan tenang.

Setiap anak memiliki ciri khas demam tersendiri.  Ada anak yang kondisinya sudah buruk, namun suhu tubuhnya masih mununjukkan angka 37,9º C, atau suhu tubuhnya tidak mengalami peningkatan secara signifikan. Ada juga anak yang kondisinya baru memburuk saat suhu tubuhnya sudah mencapai 39,2º C. sedangkan di lain pihak, ada anak yang suhunya mencapai 40º C dan si anak masih dapat tidur.

Di sinilah perlunya untuk melakukan pengulangan dalam mengukur suhu tubuh pada anak. Ada baiknya saat melakukan pengukuran suhu tubuh pada anak dilakukan pada waktu dan bagian tubuh yang sama pada setiap harinya, agar hasilnya dapat dibandingkan sewcara cermat.

Namun bila si anak sedang tidur pada saat tiba waktunya untuk pengukuran suhu, janganlah dibangunkan. Tundalah beberapa saat sampai dia bangun. Serta jangan lupa untuk membaca cara pemakaian termometer yang anda gunakan dengan baik dan cermat agar menghasilkan data yang akurat.

Anak yang sedang dalam kondisi demam mebutuhkan ketenangan. Anak yang mengalami demam memiliki cara tersendiri untuk menenangkan dirinya. Bisa saja dia tidur lebih banyak, atau menggelayuti anda seharian penuh,  atau tidak banyak bergerak.

Istirahat ini sangat penting artinya bagi proses yang sedang terjadi di dalam tubuhnya, walaupun si anak sendiri tidak tahu mengapa dia merasa harus menghabiskan banyak waktu untuk beristirahat. Agar si anak tidak mengalami kebosanan dan mau untuk tidak banyak bergerak, ajak dia mendengarkan musik, bermain puzzle, menggambar, melihat-lihat buku, atau membacakan cerita yang dia sukai.

Tidak ada resep yang paten untuk demam. Demam akan meningkatkan kebutuhan akan cairan tubuh dengan sendirinya. Oleh karena itu sangatlah dianjurkan untuk menyusui atau memberinya minum lebih sering dari yang biasanya, kenakan baju dan perlengkapan tidur yang hangat, serta lakukan kompres.

Demam tidak selalu membutuhkan obat untuk menurunkan demam. Keputusan untuk memberikan obat atau tidak, tergantung pada kondisi si anak itu sendiri. Walaupun suhu tubuhnya sudah mencapai 40º C, namun si anak masih dalam kondisi baik-baik saja, maka dia tidak memerlukan bantuan obat apapun.

Sebaliknya, jika suhu tubuhnya baru mencapai angka 38,5º C, tapi kondisinya memburuk, maka anda dapat memberinya obat penurun demam. Jadi intinya, jangan memberikan obat penurun demam sebelum anda konsultasikan pada dokter anak.

Selain itu, anda juga harus tetap memperhatikan dosis yang tercantum pada kemasan obat tersebut. Terutama, untuk obat dalam bentuk sirup dan tablet yang mengandung bahan paracetamol.

Karena jika memberikan obat parasetamol dengan dosis yang salah, maka organ hati anak yang menjadi taruhannya. Anda bisa mencoba alternatif lain dengan cara memberikan obat yang mengandung Ibuprofen yang dapat anda beli meskipun tanpa resep dokter.

Beberapa anak yang mengalami demam harus dibawa ke rumah sakit. Demam memang bukan selalu menjadi pertanda akan adanya penyakit. Namun, ada beberapa kasus pada balita yang terserang demam harus dilarikan ke rumah sakit. Seperti demam yang berlangsung terus menerus lebih dari 3 hari, air seni berwarna lebih kental, dan terjadi infeksi pada saluran kemih.

Bayi lebh sering terkena demam dari pada anak yang lebih besar. Bayi masih dalam tahap sering sakit. Hal ini disebabkan karena sistem pertahanan tubuhnya bereaksi dengan cepat, apalagi kebanyakan bibit penyakit yang menyerangnya tergolong baru bagi tubuhnya. Dengan kata lain, daya tahan tubuhnya harus dimulai dari nol untuk menghadapi segala jenis bibit penyakit.

Sedangkan pada anak yang lebih besar atau orang dewasa, daya tahan pada tubuhnya sudah pernah menghadapi bibit penyakit yang sama sebelumnya. Selain itu, mekanisme dalam pengaturan suhu tubuh pada bayi masih belum sesempurna anak yang lebih besar atau orang dewasa.

Demam tidak selalu menyebabkan terjadinya kejang-kejang. Setiap anak memiliki batas toleransi yang berbeda, Ada yang pada suhu 38,5º C sudah mengalami kejang, namun ada pula anak yang baru mengalami kejang saat demamnya mencapai 40º C. Maka untuk itulah anda sebagai orangtua disarankan untuk mengukur dan mencatat pada suhu berapa balita mulai mendapat serangan kejang



2 comments:

Anonim mengatakan...

Salam blogger,

Halo halo..., kunjungan pertama niih.... Boleh perkenalkan diri dulu ya :D

Nama saya Vidia, penjual VCD pendidikan anak hehe. Produk yang saya jual adalah VCD pendidikan khusus untuk produk PT. Kastari Sentra Media. Koleksi VCD dibagi menjadi beberapa kategori yakni: Seri Ibadah Anak, Seri Pendidikan Awal, Seri Pendidikan Moral, Seri Pendidikan Karakter, Seri Pendidikan Anak, Seri Preschool.

VCD ini bisa banget buat hadiah ulang tahun anak, adik atau ponakan. Anak usia 2-5 tahun tentu senang melihat animasinya. Jika Anda tertarik dan ingin mendapatkan informasi lebih lengkap silakan berkunjung ke toko online saya. Makasih ya...

Anonim mengatakan...

Terima kasih informasinya sangat membantu, semoga dapat membantu orang tua yang khawatir buah hatinya sakit panas tinggi.

Posting Komentar