Nafas Bayi Baru Lahir Bunyi, Cepat Atau Grok-Grok

Bayi yang baru lahir memiliki pola nafas yang mungkin akan membuat para orang tua cemas karena terkadang bayi berhenti bernafas, napas yang cepat atau berbunyi grok-grok seperti ada lendir.

Nafas Bayi
1. Bayi Berhenti Bernafas Kondisi ini disebut juga dengan apnea, ketika bayi sedang tidur tiba-tiba nafasnya berkenti sekitar 5-10 detik lalu bernapas lagi seperti tidak terjadi apa-apa.

Kasus ini masih normal kebanyakan terjadi pada bayi yang lahir prematur. Apnea ini terjadi karena ada sumbatan pada saluran pernafasan bayi atau karena belum sempurnanya sistem saraf pusat yang berfungsi untuk mengontrol pernapasannya.

2. Nafas Bayi Cepat Nafas bayi normal lalu tiba-tiba dia bernafas dengan cepat lalu kembali lagi normal. Kondisi ini belum diketahui apa penyebabnya namun pola nafas ini masih dianggap normal.

Nafas bayi baru lahir normalnya berkisar antara 40-60 tarikan per menit. Bayi akan bernafas lebih cepat ketika dia kepanasan atau menangis dana akan turun lagi ketika dia sudah tidak merasa panas atau selesai menangis

3. Bayi suara Grok-Grok pada Napas Bayi
Sewaktu masih didalam kandungan ibu, paru-parunya terisi dengan cairan ketuban (amnion). Sewaktu akan melahirkan disaat ibu mengalami kontraksi dan bayi melewati jalan lahir, ada penekanan pada paru-parunya dan ini akan membuat cairan ketuban ini tertekan keluar.
Selanjutnya, mekanisme tubuh bayi akan membersihkan cairan ketuban agar keluar dari paru-paru dan membuat jalan pernapasan menjadi lancar. pada proses ini yang membuat nafas bayi menjadi sedikit berbunyi gro-grok. Kondisi ini normal dan biasanya sudah tertangani sebelum bayi pulang ke rumah.

Selain cairan amnion, terdapat lendir pada saluran napas bayi yang berguna untuk pencegah masuknya kuman dan debu ke paru. ketika suhu udara dingin, lendir ini akan kental sehingga terdengar bunyi pada saat bayi bernapas. Jika ada alergi atau infeksi, lendir bisa bertambah banyak sehingga mengganggu pernapasan bayi.

Konsultasi Ke Dokter Jika:
Cuping hidung bayi terlihat kembang kempis dan nafasnya seperti berat (menarik dada kuat-kuat yang menandakan dia menggunakan otot-otot bantu untuk bernapas).

Frekeuensi nfas bayi menjadi pelan, warna bibir dan lidah seperti kebiruan (sianosis sentral) ini menandakan bayi kurang oksigen. Jika nafasnya seperti merintih, menandakan adanya masalah pernapasan.

Jika bayi bunda alami salah satu pola nafas tersbut, jangan ditinggal sendiri, awasi terus perkembangan nafasnya. Tetap berikan asi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperkuat antibodi dalam tubuhnya. Hal ini akan membuatnya  terhindar dari infeksi atau penyakit yang dapat menyerang sistem pernapasannya.

Gambar: Bill Davenport



5 comments:

Unknown mengatakan...

Bunyi grok grokan itu normal nya berlangsung berapa lama ya?

Unknown mengatakan...

Payudara Membesar Karena Dipegang Pria BENARKAH? menjadikan payudara lebih sensitive pada berbagai sentuhan. terimakasih sudah meluangkan waktu Anda Payudara Membesar Karena Dipegang Pria BENARKAH?

Unknown mengatakan...

Obat Sesak Nafas Resep Dokter. obat sesak nafas di apotik. obat sesak nafas asma. haruslah sesuai dengan rekomendasi dari dokter ahli. Obat Sesak Nafas Resep Dokter

AmanJagaw mengatakan...

dok saya mau tanya bayi saya mau bangun atau tidur kadang nafasnya suka ngorok sekarang usianya 3 bulan dan dari pertama lahir sering ngorok tapi jarang itu normal atau ada kelainan mohon dijawab ya dok

Rina mengatakan...

Dok tlong di jawab ya.

Ponakan saya kok nafasnya cepat ya????
Terkadang pas lagi tidur bersiul.
Apa ya sebabnya????

Posting Komentar