Kapan Anak Diberi Vitamin

Vitamin untuk anak, apakah penting dan diperlukan untuk pertumbuhan mereka, kapan vitamin diberikan untuk anak?

vitamin untuk AnakBeda vitamin dan multivitamin
Vitamin biasanya suplemen tunggal yang hanya berisi 1 jenis mineral saja, sementara yang disebiut dengan multivitamin adalah gabungan dari sejumlah macam-macam vitamin ataupun zat lain atau non vitamin yang termasuk didalamnya seperi mineral, asam amino, atau herbal tertentu yang memiliki khasiat terapetik tertentu.

Jenis Vitamin yang sering terdapat pada suplemen anak:

  1. Vitamin A untuk bermanfaat untuk perbaikan jaringan dan tulang, serta kesehatan kulit mata, dan respons imun.
  2. Vitamin B, termasuk B2, B3, B6, dan B12. Berguna untuk metabolisme, produksi energi, dan sistem peredaran darah dan saraf yang sehat.
  3. Vitamin C untuk kekuatan otot, jaringan ikat, serta kesehatan kulit.
  4. Vitamin D membantu pembentukan tulang dan gigi, serta membantu tubuh menyerap kalsium.
  5. Kalsium membantu membangun tulang yang kuat pada anak yang sedang tumbuh.
  6. Zat besi berfungsi dalam membangun otot yang kuat dan penting untuk pembentukan sel-sel darah merah yang sehat. Kekurangan zat besi sering ditemui pada remaja, terutama anak perempuan yang telah menstruasi.

Kapan anak diberi Vitamin?
Terkadang anaksangat susah disuruh makan sayuran yang kebanyakan memilikirasa hambar, mereka cenderung memilih makanan yang memiliki cita rasa menggoda seperti ayam goreng.

Vitamin diberikah jika bila asupan nutrisi belum tercukupi dari makanan sehari-hari. Bisa karena anak memang susah makan sayur.

Jika orang tua merasa makanan yang diberikan ke anak belum terpenuhi kebutuhan vitaminnya, sebaiknya diberikan suplemen vitamin namun hanya jika dibutuhkan.

Kesmpilannya jika anak mengalami gangguan penyerapan zat gizi dan  dikhawatirkan berdampak pada mengalami kondisi kekurangan gizi maka bisa diberikan suplemen.



0 comments:

Posting Komentar