Cara Membuat & Menyajikan Susu Formula Untuk Bayi

susu-formula-bayiSusu formula menjadi pilihan alternatif bagi ibu yang kurang beruntung dengan ASI, namun harus diperhatikan secara teliti bagaimana cara yang benar untuk membuat dan menyajikan susu formula buat bayi sebelum diminum.

Takaran susu harus diperhatikan tidak boleh melebihi seperti yang dianjurkan, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Kelebihan atau kekurangan dalam memberi takaran sufor dapat berakibat timbulnya risiko kurang gizi atau kerusakan ginjal.

Menyajikan Susu Formula untuk Bayi
Kebersihan adalah hal yang paling penting, baik itu orang yang akan menyiapkan susu dan juga peralatan yang akan digunakan untuk membuat sufor seperti dot dan alat takar.

Persiapan Membuat Susu Formul buat Bayi

  1. Gunakan air matang atau baiknya masak terlebih dahulu ari yang akan digunakan sampai mendidih. Diamkan air selama 10-15 menit agar suhunya turun sampai sekitar 70 oC.  
  2. Siapkan susu dalam area bersih seperti meja dan tangan harus bersih, cuci terlebih dahulu dengan sabun lalu bilas di air mengalir dan keringkan.

Membuat Susu Formula Untuk Bayi

  1. Masukkan terlebih dahulu air kedalam botol susu (dot) sesuai takaran yang biasa diberikan untuk bayi
  2. Masukkan susu bubuk ke dalam botol lalu aduk hingga benar-benar larut dengan baik.
  3. Setelah larut dengan baik dinginkan susu dalam air bersih, hingga terasa hangat dan tidak terlalu panas baru diberikan pada bayi.

Perlu diperhatikan dalam memberi susu pada bayi

Sufor yang telah dibuat sebaiknya harus segera diminum dan dihabiskan untuk menghindari pencemaran dalam waktu 2 jam.



4 comments:

Sri Lestari mengatakan...

tanks selama ini aku beri yang terbaik dalam penyajian sufor anakku.

Unknown mengatakan...

knp harus air duluan? apa bedanya air dahulu atau susu dahulu? tolong kasih alasan yg logis secara kesehatan... apa dasar apa anda bisa membuat langkah pembuatan susu dengan air terlebih dahulu? Tolong jangan membuat stigma baku dalam langkah-langkah membuat susu formula yang akan disajikan terhadap balita.

danish abdillah mengatakan...

Kalo saya biasa sedia air matang hangat2 kuku di termos air,jadi tinggal tuang ke botol sesuai ukuran.lalu masukkan susu bubuk sesuai takaran,langsung di sajikan
ke bayi.soalnya biasanya waktu bayi minta susu sering ga bisa di tunda,jadi klo hrs
rendam dulu 10 mnt ksian nangis apalagi klo malam jd saya pilih praktisnya.anak pertama dan anak kedua sama seperti ini yang saya lakukan.

Unknown mengatakan...

Mau tanya dong..pemberian susu formula untuk baby 6 bulan sebaikyh dberikan berapa jam sekali?

Posting Komentar