Memanaskan Susu Formula? Disimpan Di Kulkas & Dibekukan?

Susu Bayi Semua pasti setuju jika ASI adalah makanan yang paling baik untuk bayi, namun ada kalanya bayi harus meminum susu formula sebagai pengganti ASI.

Dan berikut ini tips yang harus ibu pahami seputar membuat susu formula yang baik dan benar untuk bayi agar si skecil mendapatkan nutrisi optimal dari susu formula tersebut.

Susu Kadaluarsa
Jangan pernah memberikan susu kadaluarsa, setelah lewat tanggal expired, kadar vitamin dalam susu akan menurun dan terjadi perubahan fisik pada susu bisa dilihat dari warnanya yang menjadi beda

Berapa lama susu boleh disimpan setelah dibuka?
Susu cair dalam kaleng bisa disimpan sampai 48 jam, asal ditutup rapat-rapat dan segera masuk kulkas. Bila dimasukkan dalam botol,  harus didinginkan dan diminum dalam 48 jam.

Susu dari bubuk yang ditempatkan dalam botol harus masuk kulkas dan diminum dalam 24 jam. Sisa bubuk susu harus ditutup rapat dan disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Digunakan sekitar sebulan setelah dibuka.

Berapa lama susu botol tahan di luar kulkas?
Susu harus segera diminum dalam dua jam, jika lebih buang saja. karena dikhawatirkan sudah terkena pencemaran kuman, jika ada sisa susu setelah diberikan sebaiknya dibuang setelah sejam

Perlukah sisa susu dipanaskan?
Susu sisa tidak perlu dipanaskan, sisa susu formula yang diminum sudah terkena dengan mikroorganisme yang ada di mulut bayi. Jika sisa susu disimpan dalam kulkas lalu dipanaskan, mikroorganisme ini dapat berkembang biak. Maka itu, isi tiap botol dengan jumlah susu yang pas untuk sekali minum.

Apakah perlu susu dibekukan?
Menyimpan susu di dalam frezer sampai beu sangat tidak disarankan. Proses pembekuan memang tidak akan mempengaruhi kualitas nutrisi atau kesterilan susu, namun perubahan fisik dari komponen susu bisa saja terjadi.

Memanaskan susu dengan Microwave?
Jelas tidak boleh, susu formula bayi bisa menjadi terlalu panas. ketika dipanaskan dengan microwave, botol susu bisa saja masih hangat namun hot spot sudah bermunculan di susu formula. Susu formula yang terlalu panas dapat menyebabkan luka bakar yang serius pada bayi.



0 comments:

Posting Komentar